Grand Slipi Tower, Unit 36-E Perkantoran. Jalan. Kota Adm Jakarta Barat

image

Ikatan Wajib Pajak Indonesia (IWPI) Memperingati Hari Pajak Nasional

Tema: "Rawat Kebersamaan dan Kuatkan Tekad Wujudkan Perubahan"

14 Juli 2024

Hari Pajak Nasional merupakan momentum penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk merefleksikan arti vital pajak dalam pembangunan negeri ini. Pada tanggal 14 Juli 2024, Ikatan Wajib Pajak Indonesia (IWPI) merayakan Hari Pajak Nasional dengan semangat baru dan tema khusus “Rawat Kebersamaan dan Kuatkan Tekad Wujudkan Perubahan”.

Dalam sambutannya, Rinto Setiyawan, A.Md. T, Ketua Umum IWPI menegaskan bahwa pajak bukan sekadar kewajiban, melainkan fondasi kokoh bagi kemajuan negara kita. “Pasal 23 UUD 1945 menegaskan bahwa segala pajak untuk keperluan negara harus berdasarkan undang-undang. Ini adalah landasan penting yang menegaskan prinsip bahwa 'Tidak ada pajak tanpa undang-undang'. Pajak tanpa undang-undang adalah perampokan,” ujar beliau.

Beliau juga mengingatkan pentingnya keseimbangan dan keadilan dalam sistem perpajakan. Kepada para wajib pajak, diingatkan, “Bayarlah Pajak sesuai Kewajiban Agar Negara Kuat”. Pajak adalah investasi kita untuk Indonesia yang lebih baik, sumber daya vital untuk membiayai pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Kepada para fiskus, beliau menyampaikan pesan penting, “Terimalah Pembayaran Pajak sesuai Hak Agar Tercipta Keadilan”. Beliau menekankan bahwa transparansi, akuntabilitas, dan pelayanan yang baik dari Direktorat Jenderal Pajak adalah kunci membangun kepercayaan publik terhadap sistem perpajakan.

Di Hari Pajak ini, IWPI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat komitmen dalam membangun Indonesia melalui kontribusi pajak. Setiap rupiah yang kita bayarkan adalah batu bata yang menyusun pembangunan infrastruktur, peningkatan layanan kesehatan, dan kemajuan pendidikan bagi generasi mendatang.

“Marilah kita bersama-sama mewujudkan keadilan antara Wajib Pajak dan Direktur Jenderal Pajak dengan semangat gotong royong. Kita bisa menciptakan Indonesia yang lebih kuat, makmur, dan berkeadilan melalui kontribusi pajak kita,” tutup Ketua Umum IWPI.

Hari Pajak Nasional ini bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga menjadi ajakan untuk terus merawat kebersamaan dan menguatkan tekad demi mewujudkan perubahan positif yang akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Salam hormat,
Ketua Umum Ikatan Wajib Pajak Indonesia*

Kategori: